Back to Post :Tanda Hamil sebelum Telat Haid

Hamil Muda

Please share to download

Tanda hamil dan gejala hamil sebelum telat haid

Rata-rata wanita hanya mengetahui bahwa tanda kehamilan adalah telat haid. Ternyata, sebelum telat haid pun sudah ada tanda-tanda kehamilan lain lo. Tanda apa saja ya? Ini dia tanda-tandanya.

1. Nyeri Perut Bawah

Sebagian besar wanita akan mengalami nyeri perut bawah pada saat hamil muda. Nyeri di perut bawah ini rasanya mirip seperti nyeri perut bawah ketika sedang haid. Tak heran jika nyeri perut bawah ini sering disalah artikan sebagai tanda mau haid.

2. Bercak Darah di Celana Dalam

Bercak darah tanda hamil ini bisa saja keluar disertai dengan nyeri perut bawah. Munculnya bercak darah ini biasanya sekitar seminggu setelah masa subur atau seminggu hingga beberapa hari menjelang tanggal haid berikutnya. Darah yang keluar umumnya sangat sedikit. Bercak darah ini menandakan penempelan janin di dinding rahim.

3. Mudah Lelah atau Lemas

Tanda hamil sebelum telat haid selanjutnya adalah rasa mudah lelah atau lemas. Terkadang, rasa tersebut datang tiba-tiba.

4. Pegal pada Punggung Bawah

Rasa sangat pegal di bagian punggung bawah juga bisa menjadi tanda hamil sebelum telat haid lo. Rasa pegal ini biasanya muncul terus menerus, bahkan rasa pegalnya akan tetap ada meski kamu sudah beristirahat.

5. Pusing, Sensasi berputar-Putar atau Berkunang-Kunang

Selain rasa lelah, nyeri perut bawah dan nyeri punggung bawah, tanda awal kehamilan biasanya juga berupa rasa pusing. Rasa pusing ini akan terasa seperti sensasi berputar-putar atau bahkan seperti berkunang-kunang. Rasa ini biasanya juga menetap meski kamu sudah beristirahat.

6. Vagina yang Lebih Basah daripada Biasanya

Saat memasuki masa subur, vagina seorang wanita bisa saja mengeluarkan cairan bening yang mirip seperti putih telur. Menjelang haid, cairan tersebut biasanya berubah menjadi lebih pekat. Nah, jika kamu hamil, maka biasanya cairan ini akan berubah menjadi lebih berair. Hal ini menjadikan vaginamu akan terasa lebih basah daripada hari-hari biasanya.

Dalam masa ini, kamu bisa mengatasinya dengan mengganti celana dalam lebih sering. Jika terpaksa harus menggunakan panty liner, pastikan kamu menggantinya maksimal per 4 jam supaya area vitalmu tetap selalu bersih.

7. Rasa Mual atau Begah di Perut

Tanda hamil sebelum telat haid selanjutnya adalah rasa mual atau rasa penuh di perut. Rasa ini biasanya disalah artikan sebagai gangguan kesehatan lambung. Namun, rasa mual atau begah ini biasanya tidak mereda meski kamu sudah mengonsumsi antasida atau obat gangguan lambung. Kemunculan rasa mual saat hamil muda ini pun biasanya dipicu oleh beberapa hal, misalnya bau menyengat, bau tidak sedap, dan bau masakan tertentu.

8. Payudara yang Mendadak Kencang dan Nyeri

Beberapa wanita yang hamil muda juga akan merasakan adanya perubahan pada payudara. Payudara akan terasa lebih kencang dan cenderung nyeri jika tersenggol. Perubahan bentuk dan rasa nyeri pada payudara ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormone. Jika dirasa sangat mengganggu, gunakanlah bra yang bisa menyangga payudara dengan maksimal dan memiliki busa tipis supaya payudara lebih nyaman.

Nah, jika kamu mengalami setidaknya 4 dari 8 tanda di atas sekitar seminggu setelah masa subur, maka kamu bisa segera menggunakan alat uji kehamilan di rumah. Untuk memilih alat uji kehamilan yang tepat, kamu bisa menyimaknya di sini.