Gendong M-Shape Tanpa T.I.C.K.S = Berbahaya

Bunda, posisi menggendong bayi ada beragam jenis, lo. Mulai dari gendong depan, gendong samping, dan gendong craddle atau menggendong bayi seperti posisi sedang menyusui. Yang pasti, apa pun posisi menggendong yang dipilih, Bunda wajib memenuhi prinsip TICKS. Prinsip TICKS merupakan prinsip keamanan dalam menggendong bayi supaya bayi tetap aman selama di dalam gendongan.

Apa Itu Prinsip TICKS?

Kasus bayi meninggal di dalam gendongan akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Ada bayi yang mati lemas karena kekurangan oksigen, dan ada pula bayi meninggal karena terjatuh dari gendongan. Dengan banyaknya kasus bayi meninggal karena kesalahan cara menggendong, maka dibentuklah prinsip TICKS. Prinsip TICKS adalah 5 hal yang wajib Bunda lakukan ketika menggendong bayi.

Apa Saja Prinsip TICKS?

1. Tight – Ketat atau Erat

Ketat atau erat di sini bermakna bahwa gendongan harus cukup erat menempel di tubuh bayi dan penggendong. Ketika si kecil berada di dalam gendongan, maka tubuh bayi wajib menempel ke tubuh ibunya. Sehingga, bayi akan merasa seperti dipeluk oleh Bunda. Jangan gunakan gendongan yang tidak mendukung prinsip Tight atau Ketat ini ya, Bunda. Jika badan bayi tidak menempel ke badan Bunda atau gendongan longgar, maka bayi akan rawan oleng tubuhnya.

Namun, jangan terlalu ketat juga ya, Bunda. Pastikan bayi masih bisa bergerak dan bernapas dengan leluasa meski sedang di dalam gendongan. Gendongan yang diatur overtight atau terlalu ketat juga kurang nyaman untuk penggendong, karena bisa menyebabkan penggendong sulit bernapas.

2. In View All the Time – Bayi Mudah Dilihat oleh Penggendong

Gendongan dan cara menggendong yang baik adalah yang memposisikan wajah bayi sedekat mungkin dengan wajah penggendong. Jadi, Bunda bisa selalu mengecek kondisi bayi dan bisa mengetahui sinyal yang diberikan oleh si bayi. Misalnya, mengecek jalan napas bayi, sinyal lapar, lelah, mengantuk, dan lainnya.

Jadi, wajah bayi jangan sampai tenggelam di dalam gendongan ya, Bunda. Pastikan Bunda bisa melihat wajah si kecil dengan leluasa supaya bisa selalu mengecek jalur napasnya.

3. Close Enough to Kiss – Bayi Bisa Dicium Keningnya dengan Mudah

Ketika kening bayi mudah dicium tanpa Bunda harus terlalu menundukkan kepala, maka pasti posisi kepala bayi berada di dalam jangkauan pandangan Bunda. Selain Bunda bisa mengecek jalan napas dan sinyal yang diberikan oleh bayi, si kecil juga akan merasa aman dan nyaman, karena bisa melihat Bunda dengan mudah.

4. Keep Chin Off the Chest – Dagu Bayi Jangan Sampai Menempel ke Dadanya

Selalu pastikan bahwa dagu bayi jangan sampai menempel ke dadanya. Jika dagu bayi sampai menempel ke dadanya, maka akan berisiko menyebakan bayi sesak napas hingga mati lemas di dalam gendongan. Namun, pastikan juga posisi kepala bayi jangan sampai terlalu mendongak. Hal itu juga bisa memicu terganggunya jalan napas bayi.

Paling tepatnya adalah posisikan kepala bayi miring kanan atau kiri senyaman bayi Bunda dan jangan sampai jalan napasnya terganggu.

5. Supported Back – Punggung Bayi Tertopang Sempurna

Ketika memilih gendongan, pastikan Bunda memilih gendongan yang bisa menopang punggung bayi dengan sempurna. Jangan pilih gendongan yang hanya menopang sebagian punggung bayi saja. Jangan pula menggendong bayi tanpa menutupi seluruh bagian punggung dengan gendongan yang sedang digunakan.

Jika kain gendongan tidak menutupi hingga belakang pundak bayi, maka hal itu bisa menyebabkan bayi terjungkal ke belakang. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan gendongan yang Bunda pakai bisa menutupi seluruh bagian punggung bayi hingga ke belakang pundak bayi.

Nah, setelah mengetahui prinsip TICKS tersebut, sekarang Bunda jadi makin mengetahui cara menggendong yang tepat, bukan? Pastikan gendongan yang Bunda miliki bisa mendukung prinsip TICKS ya. Posisi m-shape tanpa TICKS akan berbahaya. Sebaliknya, TICKS saja tanpa m-shape juga tidak akan optimal. Happy babywearing!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *