Back to Post :Menggendong Posisi M-Shape Berbeda dengan Gendong Pekeh Ya, Bunda

Pekeh adalah gendong samping

Gendong samping di pinggang alias pekeh

Please share to download

Pekeh untuk bayi yang sudah kuat leher dan kepalanya.

Jika kita adalah ibu muda yang sedang mencoba untuk mengaplikasikan gendong m-shape, biasanya aka nada perkataan semacam ini, “Anakmu masih belum bisa duduk, jangan dipekeh begitu, nanti jalannya mengangkang.” Atau begini, “Anakmu jangan digendong pekeh begitu, nanti pipisnya sakit, lo.”

Benarkah Pernyataan-Pernyataan Tersebut?

Ternyata, pernyataan-pernyataan tersebut kurang tepat ya, Bunda. Gendong pekeh berbeda dengan gendong m-shape.

Gendong M-Shape

Ketika bayi digendong dengan posisi m-shape, maka kaki bayi akan membuka seperti pada posisi alami bayi. Untuk mengetahui seberapa lebar kaki bayi seharusnya terbuka, coba lihat anak Bunda ketika sedang tidur. Ketika sedang tidur, bayi pasti akan membuka kakinya. Nah, selebar itulah kaki bayi alaminya membuka.

Jangan membuka kaki bayi terlalu lebar ya, Bunda. Hal tersebut bisa membuat bayi tidak nyaman, sehingga bayi akan mudah gelisah dan mudah menangis. Kemudian, yang menjadi tumpuan bokong bayi ketika sedang digendong posisi m-shape adalah dada dan perut ibunya. Sehingga, bayi bisa mendapatkan kenyamanan seperti ketika bayi didekap atau dipeluk ibunya.

Gendong Pekeh

Gendong pekeh di dalam dunia pergendongan disebut dengan hip carry atau gendong samping. Ketika digendong pekeh, kaki bayi membuka lebar mengikuti besarnya badan penggendong. Hal tersebut tentu saja membuat anak tidak nyaman jika digendong pekeh terlalu lama. 

Syarat supaya seorang bayi bisa digendong samping atau pekeh adalah ketika bayi sudah kuat kepala dan lehernya. Ketika digendong pekeh, bokong bayi bertumpu pada tulang panggul penggendong, maka hal tersebut akan menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi.

Nah, itulah perbedaan antara gendong m-shape dengan gendong pekeh. Jadi, gendong m-shape lebih aman dan nyaman untuk penggendong dan bayinya.  Semoga penjelasan di atas bisa menjadi tambahan informasi bagi kita semua ya, Bunda.