Tentang Menyusui, yang Tidak Banyak Diketahui oleh Calon Ibu Baru (Bagian 2)

Di bagian 2 ini, kita akan melanjutkan pembahsan mengenai hal seputar menyusui yang tidak banyak diketahui oleh calon ibu. Simak pembahasannya di bawah ini ya, Bunda.

4. Setelah Melahirkan, Perut Bunda Masih Akan Sedikit Membesar

Para calon ibu sering berandai-andai kelak perutnya akan kembali langsing sesaat setelah proses melahirkan selesai. Ternyata tidak semudah itu, Bunda. Sesaat setelah melahirkan hingga beberapa minggu ke depan, rahim akan mengalami proses pengecilan alami. Proses kembalinya rahim ke bentuk semula seperti sebelum hamil memang memakan waktu yang tak singkat.

Jadi, Bunda jangan berkecil hati ya kalau mendapati perut masih agak membesar sesaat setelah melahirkan. Tenang saja, Bunda. Perut bunda bisa kembali langsing kok jika Bunda melakukan olahraga secara rutin setelah melahirkan. Menyusui bayi sesering mungkin di hari-hari awal kelahiran bayi juga membantu berlangsungnya proses pengecilan rahim, lo.

5. Dot, Empeng, dan Penyambung Puting Bisa Berisiko Menggagalkan Program ASI Eksklusif 6 Bulan dan Program Menyusui Selama 2 Tahun Penuh

Mungkin banyak orang yang tidak percaya dengan pernyataan di atas. Namun, ternyata dot, empeng, dan penyambung puting berisiko merusak atau mengubah isapan alami mulut bayi ke payudara ibunya. Berubahnya isapan alami mulut bayi ini bisa mengakibatkan bingung puting, yaitu kondisi ketika bayi menjadi menolak atau malas menyusu di payudara ibunya secara langsung, dan ASI menjadi turun produksinya secara perlahan-lahan.

Pembahasan lebih lengkap mengenai bingung puting ada di sini ya, Bunda.

6. Menyusui Sambil Tiduran Bisa Membuat ASI Masuk ke Telinga Bayi

Menyusui sambil tiduran miring boleh saja kok dilakukan. Tidak ada efek negatif dari menyusui sambil tiduran miring. Posisi menyusui ini sangat dianjurkan bagi ibu baru, terutama bagi ibu yang melahirkan dengan cara Sectio Caesarean (operasi SC). Yang harus diperhatikan ketika menyusui dengan posisi ini adalah seluruh badan bayi harus menghadap ke badan ibu.

Pastikan bahwa perut ibu bertemu dengan perut bayi. Lalu, pastikan juga pelekatan menyusu bayi sempurna.

Nah, itu tadi beberapa hal yang biasanya akan Bunda jumpai di hari-hari awal kelahiran bayi. Selamat menjalani hari bahagia sebagai seorang ibu baru ya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *