Back to Post :Tentang Menyusui, yang Tidak Banyak Diketahui oleh Calon Ibu Baru (Bagian 1)

menyusui bagian 1

menyusui bagian 1

Please share to download

Menyusuilah dengan cinta dan pengetahuan.

Ketika mendapati dirinya sedang hamil, seorang wanita pastilah merasa senang. Itu artinya, dirinya sebentar lagi akan menjadi seorang ibu, akan menimang bayi, dan pastinya akan menjadi seorang ibu menyusui. Ya, bayi lahir sepaket dengan ASI (Air Susu Ibu).

Namun, beberapa hal tentang menyusui di hari awal kelahiran bayi di bawah ini ternyata belum banyak diketahui oleh calon ibu, lo. Padahal, beberapa hal di bawah ini akan sangat membantu dalam menghadapi hari-hari awal paska melahirkan. Apa saja hal tersebut?  Berikut ini saya rangkum beberapa hal berdasarkan pengalaman pribadi saya.

1 .Bunda, Bukan ASImu yang Tidak Keluar, tapi ASImu Keluar Sedikit Demi Sedikit Mengikuti Kebutuhan Bayimu

Banyak calon ibu yang mengira bahwa sesaat setelah melahirkan, payudara mereka akan langsung dipenuhi oleh ASI dan mereka akan bisa mengeluarkan ASI dengan sangat mudah. Meskipun hal tersebut memang bisa terjadi di beberapa wanita, tapi sebagian besar wanita tidak mengalami hal tersebut. Yang umumnya terjadi adalah payudara mereka terlihat tidak mengeluarkan ASI. Ketika puting payudara dipencet, hanya keluar cairan bening saja.

Bunda, cairan bening atau kekuningan yang keluar di hari awal kelahiran bayi tersebut Namanya adalah kolostrum. Cairan tersebut sangat penting untuk bayi, lo. Meski hanya diproduksi dalam jumlah yang terbatas, kolostrum harus segera diberikan kepada bayi supaya bayi mendapatkan manfaat dari kolostrum. Pembahasan tentang manfaat kolostrum ada di artikel ini.

Lalu, mengapa kolostrum hanya diproduksi dalam jumlah yang terbatas? Hal tersebut dikarenakan ASI di payudara ibu jumlahnya akan menyesuaikan dengan kebutuhan si bayi. Lambung bayi baru lahir baru berukuran sebesar kelereng. Maka, sangat wajar jika bayi hanya butuh beberapa tetes ASI dalam sekali minum. Sangat wajar pula jika si bayi cepat sekali merasa haus.

2. Ketika Pertama Kali Menyusui, Apakah Puting Pasti Akan Lecet?

Puting lecet atau rasa sakit ketika menyusui di awal kelahiran bayi menandakan bahwa pelekatan menyusu masih kurang tepat. Jika pelekatan menyusu sudah tepat, maka tak aka nada lagi rasa sakit atau perih di area puting. Maka, sangat penting bagi calon ibu untuk mengetahui lebih jauh mengenai pelekatan menyusu sejak masih hamil.

3. Di Awal Kelahiran, Bayiku Kok Menangis Terus? Apakah Dia Tidak Kenyang? Apakah ASIku Kurang? Apakah Aku Harus Memberinya Susu Formula?

Bunda, ada hal yang harus bunda ketahui, yaitu bayi di awal kelahiran memang akan sensitif dan mungkin banyak menangis. Tangisan bayi bukan hanya menandakan bahwa bayi merasa haus atau lapar. Namun, tangisan bayi juga bisa menjadi tanda bahwa dia sedang merasa kegerahan, kedinginan, atau tidak nyaman karena kondisi di sekitarnya terlalu berisik atau terlalu terang.

Selagi tanda kecukupan ASI sudah tercapai, maka bunda tidak usah khawatir ya. Cukup timang atau gendong bayinya saja, lalu susui semau bayinya.

Itu dulu ya pembahasan mengenai hal yang biasanya terjadi di awal menyusui. Lanjutannya di bagian 2 ya, Bunda.