Fakta Menyusui: Kolostrum, Cairan Emas dengan Segudang Manfaat untuk Bayi Baru Lahir

“Besok kalau kamu melahirkan, jangan langsung menyusui anakmu ya. Buang dulu cairan kuning yang keluar dari payudaramu. Itu ASI basi. Perlu dibuang dulu. Itu enggak sehat untuk bayimu.”

Bunda pernah enggak mendengar perkataan semacam itu? Nah, ternyata pernyataan tersebut salah besar ya. Cairan kuning atau jernih yang keluar dari payudara ketika seorang wanita baru saja melahirkan disebut dengan kolostrum. Kolostrum justru memiliki beragam manfaat untuk bayi.

Apa saja sih manfaat kolostrum?

  1. Kolostrum mengandung antibodi yang bisa melapisi membran mukosa pada paru-paru, usus, dan tenggorokan bayi. Dengan adanya kolostrum ini, organ tubuh bayi akan terlindungi secara alami.
  2. Kolostrum mengandung sel darah putih yang bermanfaat untuk menghancurkan virus dan bakteri pada tubuh bayi.
  3. Kolostrum mengandung nutrisi yang lengkap untuk bayi, yaitu DHA, Omega 3, ARA, Omega 6, Vitamin K, dan Vitamin A.
  4. Kolostrum membantu pengeluaran mekonium dan membantu pencegahan penyakit kuning pada bayi baru lahir.

Nah, setelah mengetahui beragam manfaat kolostrum, yakin bunda tidak mau menyusui bayinya sejak dini? Supaya bayi bisa mendapatkan kolostrum secara maksimal, lakukanlah proses IMD (Inisiasi Menyusu Dini) minimal 2 jam dan lakukan rawat gabung (ibu dan bayi ditempatkan dalam satu ruang yang sama).

Namun, sayangnya tidak semua rumah sakit, klinik, atau tempat bersalin mendukung IMD dan rawat gabung. Maka, sangat penting bagi bunda yang akan melahirkan untuk melakukan survei mengenai boleh atau tidaknya IMD dan rawat gabung di tempat bunda akan melahirkan.

Yuk, Bunda. Optimalkan proses IMD dan rawat gabung ya, supaya bayi bisa mendapatkan kolostrum secara sempurna.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *