Mau Ikut Program Kehamilan? Siapkan Ini Dulu Ya…

Hamil dan melahirkan adalah dua hal yang dinanti oleh sebagian besar pengantin baru. Dua hal ini perlu disiapkan sejak dini, lo. Untuk yang bersiap atau ingin hamil, jangan lupa lakukan tips di bawah ini supaya mendapatkan kehamilan yang sehat.

1. Jaga Berat Badan

Ternyata, berat badan yang ideal tidak hanya mendukung urusan penampilan saja, lo. Persiapan kehamilan pun perlu diiringi dengan berat badan yang ideal. Setidaknya, mulailah menjaga kesehatan tubuh secara umum. Badan yang terlalu besar bisa menyulitkan gerak kita ketika hamil. Selain itu, risiko terkena beragam penyakit ketika hamil pun semakin besar pula.

Badan terlalu kurus juga enggak baik, lo. Selain terkesan lemah, badan yang terlalu kurus juga terkadang mengindikasikan kurangnya nutrisi pada tubuh. Tentunya hal ini kurang baik bagi persiapan kehamilann.

2. Jaga Pola Tidur

Hayo, siapa yang masih suka begadang? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan begadang jika ada program hamil yang sedang dilakukan. Ketika sedang tidur, ternyata tubuh sedang bekerja untuk memperbaiki hormon, lo. Maka, tidur yang cukup menjadi satu hal penting bagi wanita yang sedang melakukan program kehamilan.

Supaya bisa mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, sebaiknya kelola masalahmu dengan baik supaya tidak menimbulkan stres, buat jadwal tidur malam yang konsisten tiap malam, jangan bermain dengan gawai dan menonton TV ketika jam tidur sudah datang, dan hindari minum minuman berkafeina ketika malam hari.

3. Jaga Makanan

Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama program hamil juga penting untuk dijaga. Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari adalah sumber nutrisi terbesar bagi tubuh. Supaya mendapatkan sel telur yang sehat, seorang wanita harus memiliki pola makan, pola tidur, dan pola hidup yang sehat pula.

Sebaiknya, mulailah mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung folat, misalnya bayam, brokoli, selada, buah bit, alpukat, dan kacang tanah. Selain itu, folat juga bisa didapatkan dari hati sapi, telur, dan makanan laut. Folat yang dikonsumsi sebelum dan selama masa kehamilan berfungsi untuk mencegah cacat lahir pada bayi, menurunkan risiko bayi lahir prematur, mencegah anemia pada ibu hamil, dan membantu fungsi sel tubuh ibu hamil.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandunganmu mengenai asupan makanan yang wajib kamu konsumsi selama program kehamilan. Jika perlu, dokter akan meresepkan suplemen asam folat dan suplemen makanan lainnya.

4. Jaga Pikiran

Selain membuat pikiran semrawut, stres juga bisa menjadi salah satu penghalang kehamilan. Ketika sedang stres, hormon di dalam tubuh seorang wanita menjadi kurang seimbang. Ini bisa menyebabkan terganggunya kesuburan seorang wanita. Mulai sekarang, jaga pikiran supaya tetap positif ya. Sempatkan membahagiakan diri sendiri di sela-sela kesibukan, misalnya dengan membaca buku, menonton film kesukaan, atau berbelanja berdua dengan suami.

Beberapa tips di atas bisa kamu coba selama sedang mempersiapkan kehamilan supaya kehamilan bisa lancer dan sehat. Selamat menanti kedatangan buah hati ya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *