Cek Masa Suburmu supaya Program Kehamilan Berhasil

Penting bagi seorang wanita untuk mengetahui masa suburnya. Mengetahui masa subur bisa menjadi salah satu pendukung keberhasilan program kehamilan yang sedang dijalankan. Bagaimana cara mengecek masa subur?

1.Mengecek Masa Subur dengan Siklus Menstruasi

Catatlah siklus menstruasimu secara rutin, setidaknya minimal dalam 6 bulan terakhir. Dengan mencatatnya, kamu bisa mengetahui panjang siklus menstruasimu. Untuk menentukan masa subur, gunakan rumus berikut ini:

  • Untuk wanita yang siklus haidnya teratur setiap bulan

Menghitung masa subur wanita yang siklus haidnya teratur cukup mudah. Masa subur biasanya akan datang pada hari ke-14 hingga hari ke-16 setelah hari pertama haid. Jika kamu haid di tanggal 1 Januari 2019, maka perkiraan masa suburmu adalah tanggal 14 hingga 16 januari 2019.

  • Untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur

Wanita yang tidak mendapatkan haid secara teratur pun tetap bisa menghitung perkiraan masa suburnya. Pertama, hitung siklus haid terpendekmu. Kedua, hitung siklus haid terpanjangmu. Lalu, gunakan rumus Ogino Knouss untuk menghitung masa subur.

Rumusnya adalah:

(siklus haid terpendek – 11) sampai (siklus haid terpanjang – 11)

Misalkan seorang wanita memiliki siklus haid terpendek 25 hari dan terpanjang 38 hari, maka berikut perkiraan masa suburnya:

(25-11) sampai (38-11)

14 sampai 27

Jadi, perkiraan masa subur wanita tersebut adalah hari ke-14 hingga hari ke-27 dari hari pertama haid.

2. Mengecek Masa Subur dengan Melihat Lendir Vagina

Ketika sedang dalam masa subur, lendir vagina akan mengalami perubahan. Biasanya, lendir vagina akan berbentuk mirip seperti putih telur ketika seorang wanita memasuki masa subur. Lendirnya jernih, tidak berbau (atau mungkin berbau khas vagina), dan elastis. Keluarnya lendir vagina dengan ciri-ciri tersebut biasanya akan dibarengi dengan rasa kurang nyaman atau sedikit nyeri di perut bawah.

3. Mengecek Masa Subur dengan Aplikasi di Smartphone

Di zaman yang serba canggih ini, mengecek masa subur pun menjadi sangat mudah. Sekarang sudah tersedia beragam aplikasi penghitung masa subur di ponsel pintar. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung masa subur di ponsel pintar adalah My Calendar dan Hawa.

4. Mengecek Masa Subur dengan Alat Tes Kesuburan

Saat ini, alat tes kesuburan telah dijual bebas di apotek. Ada beragam alat tes kesuburan yang bisa digunakan, misalnya alat tes kesuburan berbentuk strip dan alat tes kesuburan berbentuk sebuah alat seperti teropong kecil. Cara penggunaan alat tes kesuburan yang berbentuk strip mirip dengan cara penggunaan alat tes kehamilan.

Alat tersebut perlu dicelupkan pada air seni. Kemudian, akan muncul garis berwarna merah muda. Satu garis menandakan negatif atau tidak subur, dan dua garis menandakan positif atau sedang dalam masa subur. Cukup mudah bukan?

Nah, dengan mengetahui masa suburmu, maka kamu bisa melakukan program kehamilan dengan maksimal. Semoga tips di atas bisa membantu ya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *