Back to Post :Botol Dot Anti Bingung Puting, Fakta Seputar Menyusui atau Hanya Trik Marketing?

Dot katanya mirip payudara

Dot katanya mirip payudara

Please share to download

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/BfNubUohNk4/

Setelah kita bahas soal bingung puting di sini, apakah Bunda jadi teringat sebuah iklan botol dot yang diakui sebagai botol dot anti bingung puting. Sebetulnya, fakta atau hanya sekadar trik marketing ya? Ini penjelasannya.

Bukan Tentang Bentuk, tapi Tentang Perbedaan Cara Kerja

Produsen-produsen botol dot bisa saja meniru bentuk payudara dan puting ibu, sehingga tercipta sebuah botol dot yang bentuknya mirip dengan payudara dan puting ibu. Namun, bisakah mereka meniru cara kerja payudara dan puting ibu? Tentu saja tidak, Bunda.

  • Cara Kerja Botol Dot

Untuk mendapatkan ASI dari dalam botol dot, seorang bayi hanya perlu menekan bagian puting dot dengan mulutnya saja. Dengan cara tersebut, si bayi sudah mendapatkan ASI dengan mudah dari dalam botol dot.

  • Cara Kerja Payudara Ibu

Namun, untuk mendapatkan ASI dari dalam payudara ibunya, seorang bayi harus memijat saluran ASI yang ada di bawah areola dengan tengah lidahnya dan dengan rahangnya. Seorang bayi tidak akan bisa mendapatkan ASI dengan maksimal jika hanya menekan atau mengisap bagian puting saja.

Setelah mengetahui perbedaan cara kerja tersebut, bisa disimpulkan bahwa botol dot dengan bentuk yang mirip seperti payudara ibu tetap berisiko menyebabkan bingung puting. Hal tersebut dikarenakan ada perbedaan yang mencolok antara cara mengisap payudara ibu untuk mendapatkan ASI dengan cara mengisap botol dot.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, Bunda. Mencegah bingung puting lebih baik daripada mengobati bingung puting. Maka, dalam 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (10 LMKM) tertulis larangan pemberian botol dot dan empeng untuk bayi.

Yuk, Bunda. Mari kita dukung 10 LMKM tersebut dengan tidak memberikan botol dot, empeng, dan penyambung puting untuk anak-anak kita dan bayi di sekitar kita ya.