Benarkah Menggendong Posisi M-Shape Membuat Anak Menjadi Jalan Mengangkang?

Ketika sedang mempraktikkan cara menggendong dengan posisi m-shape, rata-rata komentar yang akan didapat adalah seperti ini, “Jangan digendong begitu, nanti anakmu jalannya mengangkang, apalagi anakmu itu perempuan.”

Betulkah Gendong M-shape Membuat Anak Jalan Ngangkang?

Jika dilakukan dengan tepat, menggendong bayi dengan posisi m-shape justru memiliki banyak manfaat. Misalnya, membantu menguatkan otot leher, menguatkan hubungan batin Bunda dan bayinya, serta mengoptimalkan pertumbuhan tulang-tulang bayi.

Menggendong dengan posisi m-shape tidak akan membuat anak menjadi berjalan mengangkang, sakit ketika buang air kecil, testisnya terkena infeksi atau peradangan, dan hal negatif lainnya. Namun, ada beberapa catatan penting ketika Bunda akan menggendong bayi dengan posisi m-shape.

Beberapa Hal yang Wajib Dilakukan ketika Menggendong dengan Posisi M-shape

  1. Gunakan gendongan ergonomis (gendongan yang mendukung posisi alami tubuh dan kaki bayi.
  2. Bunda wajib memenuhi Prinsip TICKS.
  3. Selalu perhatikan sinyal dari anak (sinyal lapar, sinyal lelah, sinyal mengantuk, dll).
  4. Posisikan bayi dalam posisi alaminya. Jangan posisikan kaki bayi terlalu lebar atau terlalu mengangkang.

Untuk melihat seberapa lebar kaki bayi membuka ketika di dalam gendongan, Bunda bisa melihat lebar terbukanya kaki bayi ketika sedang tidur atau sedang dimandikan.

Setelah mengetahui manfaat dan hal yang harus diperhatikan ketika menggendong dengan posisi m-shape, kini Bunda tak perlu lagi khawatir mengenai omongan negatif tentang gendong m-shape. Namun, selalu pastikan Bunda menggendong dengan cara yang tepat ya. Happy babywearing!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *